Senin, 05 Desember 2011

RUMUS MENYELESAIKAN RUBIK 2x2X2

Pada articel kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara menyelesaikan rubiks 2×2, mohon maaf sebelumnya jika gambar di articel ini kurang bagus. Baikllah langsung saja saya akan menjelaskan langkah demi langkah untuk menyelesaikan rubiks 2×2
image

Tahap awal
Untuk tahap awal kita harus menjadikan dulu satu layer, yaitu layer bawah. Caranya mudah saja… untuk sobat yang sudah pernah menyelesaikan rubiks 3×3 pasti akan paham, tapi untuk para sobat yang baru mengenal rubiks sebaiknya anda belajar rubiks 3×3 terlebih dahulu, karena rubiks 3×3 adalah dasar. Untuk belajar rubiks 3×3 silahkan masuk kesini Rumus Rubiks 3×3, Cara Menyelesaikan Rubiks 3×3.
Yuup….. untuk menyelesaikan layer pertama begini caranya, anggap rubiks 2×2 sebagai rubiks 3×3, dan anggap setiap pices di rubik 2×2 adalah corner di rubiks 3×3. Lalu gunakan metode untuk mengisi corner pada rubiks 3×3. Pada saat sobat sudah selesai membuat cross tahap awal pada rubiks 3×3, pastinya sobat harus mengisi corner cornernya kan..?? nah gunakan metode tersebut untuk menyelesaikan layer pertama pada rubiks 2×2 dan tentunya dengan sedikit logika. Saya menggunakan warna biru sebagai warna untuk sisi bagian bawah. Perhatikan gambar.
DSC00278
Perhatikan pices yang di lingkari di atas, pices itu mengandung warna merah, kuning dan biru. Kemudian cari pices yang mengandung warna merah, biru dan hitam. Krena warna yang berlawanan dengan warna kuning adalah warna hitam di rubiks saya. Lihat gambar di bawah
DSC00279
DSC00280
Teruskan cara tersebut sampai layer bawah (layer pertama) jadi

Tahap ke dua
untuk langkah pertama di tahap ke dua adalah menyamakan warna pada sisi atas, dalam contoh saya menggunakan warna biru sebagai sisi bawah dan tentunya warna hijau sebagai sisi atas (ingat posisi warna tidak boleh terbalik, merah-orange, hijau-biru, kuning-hitam), atau menurut warna dasar rubiks sobat.
Baik langsung saja… Jika sobat mendapatkan kondisi posisi atas seperti pada gambar di bawah ini tepat setelah menyelesaikan layer pertama. Kondisi hanya mendapatkan satu warna hijau di sisi atas
DSC00283
DSC00284
DSC00285

Jika sobat mendapatkan kondisi kondisi seperti gambar di atas, sobat harus meletakan satu warna hijau itu di posisi kiri bawah, seperti gambar di bawah ini.
DSC00286
Lalu gunakan algoritma ini R U R’ U R U2 R’Yang harus di ingat adalah saat sobat menggunakan algoritma tersebut hasilnya tidak langsung jadi, melainkan sobat harus mengulang ulang algoritma tersebut sampai warna pada sisi atas sama seluruhnya, dalam hal ini hijau. Dan selama sobat menggunakan algoritma tersebut mungkin sobat akan mendapati kondisi kondisi sebagai berikut.
Jika mendapati kondisi seperti ini setelah mengunakan algoritma tersebut
CON2
Maka letekan pada posisi seperti pada gambar di bawah ini, kemudian lanjutkan lagi algoritma R U R’ U R U2 R’
RBX2X2
Dan jika sobat mendapati 2 pices warna hijau yang sejajar, seperi gambar di bawah ini
DSC00002
Langsung posisikan seperti gambar di bawah ini. Jadi kesimpulanya jika sobat menemukan pices berwarna hijau sejajar/garis lurus, langsung posisikan seperti gambar di bawah ini. Dan lanjutkan lagi algoritma R U R’ U R U2 R’ sampai warna atas memiliki warna yang sama (HIJAU)
DSC00001
Sampai disini mudah mudahan paham ya sobat…. oh iya.. jangan bingung jika selama sobat menjalankan algoritma tersebut sobat mendapatkan kondisi dimana warna hijau tidak didapatkan satupun pada bagian atas, tenang saja, lanjutkan saja algoritma tersebut sampai warna atas sama semua.
Tahap ke tiga
Setelah warna pada bagian atas sama semua, kini saatnya sobat membenarkan posisi pices yang tertukar posisinya, bisa di bilang ini adalah tahap akhir (final).
Perhatikan.. jika sobat sudah mendapati satu sisi sudah sama warnanya, letakan sisi yang sudah sama warnanya tersebut di posisi belakang (Back/B) lalu gunakan algoritma ini R’ F R’ B2 R F’ R’ B2 R2
DSC00008
DSC00009
Dan jika sobat tidak mendapatkan sisi yang sama warnanya jangan bingung, tetap jalankan algoritma R’ F R’ B2 R F’ R’ B2 R2 nanti pasti sobat mendapatkan salah satu sisi yang sama warnanya. Terus letakan sisi yang sama tesebut di belakang kemudian jalankan algoritmanya lagi… jadi dah…..
Semoga paham dengan penjelasan saya, mohon maaf jika ada salah… maklum saya bukan masternya…. Dan cara di atas adalah cara yang saya gunakan untuk menyelesaikan rubiks 2×2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar